Pengertian Metabolisme 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahasa tenatang apa itu pengertian dari metabolisme, Garis besar metabolisme adalah perubahan reaksi dalam tubuh baik dalam membuat energi atau menggunakan energi.

Sudah penasaran dengan pengertian tentang metabolisme selengkapnya silakan baca website kami untuk anda jadikan referensi anda dalam belajar.

Pengertian Metabolisme

Pengertian Metabolisme  secara umum adalah suatu proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Proses metabolisme adalah pertukaran zat atau organisme dengan lingkungan. Istilah Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata metabole yang berarti perubahan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa metabolisme adalah makhluk hidup mendapat, mengolah dan mengubah suatu zat melalui proses kimiawi untuk mempertahankan hidupnya. Metabolisme terbagi beberapa jenis di antara lain sebagai berikut.

Proses Metabolisme

Proses Metabolisme terdapat 3 proses metabolisme yang utama antara lain sebgai berikut.

  1. Proses Metabolisme Karbohidrat

Metabolisme berlangsung dalam organisme secara mekanis dan kimiawi. Metabolisme terdiri dari dua proses yaitu anabolisme sebagai pembentukan molekul dan katabolisme sebagai penguraian molekul.

Proses metabolisme karbohidrat, Makanan dicerna, kemudian karbohidrat mengalami proses hidrolisis atau penguraian dengan menggunakan molekul air yang mengurai polisakarida menjadi monosakarida.

Disaat makanan dikunyah, makanan akan bercampur air liur yang mengandung enzim ptialin (suatu a amilase yang disekresikan oleh kelenjar parotis di dalam mulut). Enzim ini menghidrolisis pati (salah satu polisakarida) menjadi maltosa dan gugus glukosa kecil dengan terdiri dari 3-9 molekul glukosa.

Makanan dalam waku singkat berada dalam mulut dengan terdapat tidak lebih 3-5% dari pati yang telah terhidrolisis sewaktu makanan ditelan.

  1. Proses Metabolisme Lemak

Proses metabolisme lemak adalah lemak keluar dari lambung, masuk ke usus dengan menimbulkan ransangan terhadap hormon kolesistokinin. Hormon ini menyebabkan kantung empedu berkontraksi dengan mengeluarkan cairan empedu ke dalam usus dua belas jari (duodenum).

Dalam empedu terdapat garam empedu berperan mengemulsikan lemak. Emulsi lemak adalah pemecahan lemak yang berukuran besar menjadi butiran lemak berukuran lebih kecil.

Lemak berukuran lebih kecil adalah trigeliserida yang teremulsi berperan memudahkan hidrolisis lemak oleh lipase dari hasil pankreas. Lipase pankreas akan menghidrolisis lemak teremulsi menjadi campuran asam lemak dan monogliserida (gliserida tnggal).

Sekitar 70% absorpsi hasil pencernaan lemak terjadi dalam usus halus. Asam lemak dan monogliserida di absorpsi melalui sel-sel mukosa yang terdapat pada dinding usus, kemudian keduanya diubah kembali menjadi lemak trigliserida berbentuk partikel-partikel kecil.

  1. Proses Metabolisme Protein

Protein makanan, sebagian besar ada pada daging dan sayur-sayuran. Protein dicerna didalam lambung menggunakan enzim pepsin yang aktif pada pH 2-3. Pepsin dapat mencerna semua jenis protein dalam makanan yang mencerna kolagen.

Kolagen adalah bahan dasar yang utama dalam jaringan ikat pada kulit dan tulang rawan. Mulai dari proses pencernaan protein, pepsin meliputi 10-30% dari pencernaan protein total. Pada proses ini, pemecahan protein merupakan proses hidrolisis pada rantai polipeptida.

Proses pencernaan protein sebagian besar terjadi di usus dengan bentuk yang telah beruah yaitu proteosa, pepton, dan polipeptida besar. Setelah memasuki usus, produk-produk yang telah pecah sebagian besar akan bercampur dengan enzim pankreas dibawah pengaruh enzim proteolitik seperti tripsin, kimotripsin, dan peptidase.

Baik tripsin maupun kimotripsin memecah molekul protein menjadi polipeptida kecil. Kemudian peptidase melepas asam-asam amino.

Jenis Metabolisme

Berikut ada jenis jenis Metabolisme

Metabolisme secara umum terbagi menjadi 2 jenis diantara katabolisme dan anabolisme yang pastinya memiliki peran yang berbeda beda untuk lebih jelasnya perhatikan poin poin berikut ini.

  • Katabolisme

Katabolisme Yaitu Proses penguraian suatu zat menjadi partikel partikel kecil yang selanjutnya akan di rubah menjadi energy

  • Anabolisme

Anabolisme yaitu proses penyusunan senyawa organik yang berasal dari molekul tertentu agar mudah di serap oleh tubuh.

 

Fungsi Metabolisme

Fungsi fungsi dari metabolisme yaitu :

  • Memperoleh energi kimia dalam bentuk ATP yang berasal dari degradasi zat zat pada makanan kaya energi yang berasal dari lingkungan
  • Mengubah nutrisi menjadi prekursor untuk pembangunan bagi biomolekul sel.
  • Menyusun unit pembangunan protein asam nikleat, lipida, polisakarida, dan komponen sel yang lainnya.
  • Membentuk serta merombak biomolekul
  • Demikian penjelasan dari kami tentang pengertian Metabolisme, jenis jenis  dan fungsi metabolisme, silakan membaca dan dapatkan juga pengertian Omnivora adalah

Demikian pembahasan kami kali ini tentang Proses Metabolisme Secara Lengkap dan jelas semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat

Check Also

Cara Membuat Laporan Keuangan

Cara Membuat Laporan Keuangan

Cara Membuat Laporan Keuangan – Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang berorientasi pada keuntungan yang khusus …